Saturday, September 12, 2015

SKRIPSI SISTEM INFORMASI PENYEWAAN LAPANGAN FUTSAL PADA LAMPUNG FUTSAL LENGKAP

SKRIPSI SISTEM INFORMASI PENYEWAAN LAPANGAN FUTSAL  PADA LAMPUNG FUTSAL





DISUSUN OLEH :

                           
Heri Gunawan                         12311224



















PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER TEKNOKRAT
BANDAR LAMPUNG
2015










Wawancara dilakukan kepada salah satu karyawan yang bekerja menjaga lapangan Futsal Lampung.
Waktu                                     : 20.50 WIB
Tanggal                       : 18 Agustus 2015

No.
Pertanyaan
Jawaban
1
Sudah berapa lama lampung futsal didirikan ?
Sudah lama, sekitar 4 tahun
2
Apakah lampung futsal memiliki sebuah system terkomputerisasi ?
Sebagai contoh pembayaran atau pemesanan (booking) tempat/lapangan?
Tidak ada, kalau pembayaran biasa langsung bayar saja,tetapi kalau pemesanan(booking) itu biasanya datang langsung kesini lalu membayar DP dan diberikan slip pembayaran DP
3
Bagaimana dengan laporan keungan apakah uang pendapatan langsung diberikan kepada pemilik tempat futsal atau direkap dan ditulis perincian dari pendapatan?
Biasanya ditulis periniannya jadi yang punya tempat futsal tau dengan jelas pendapatan per-hari
4
Jika dilihat dari sudut pandang konsumen seperti saya terkadang sulit untuk membooking lapangan futsal karena konsumen harus datang ke tempat lampung futsal terlebih dahulu, apakah ada keinginan dari pihak lampung futsal untuk membuat sebuah system yang dapat membantu konsumen untuk mengetahui informasi booking lapangan?
Ada keinginan dari pemilik lapangan tetapi belum ada gambaran sistemnya
5
Kira-kira kebutuhan fungsional system yang seperti apa yang dibutuhkan, maksudnya system tersebut dapat melakukan apa saja?
Yang pasti memberikan informasi dan menarik kemudian booking tempat bisa melalui online terus pembayarannya transfer langsung, bisa nyimpan bukti pemesanan/pembayaran jadi tidak perlu ditulis tangan dan pakai slip lagi
6
Apakah memerlukan system keamanan yang terjamin?
Iya pasti supaya awet dan tidak di buka sembarang orang

Baiklah terimakasih untuk informasi yang telah diberikan, mohon maaf apabila menggangu waktu anda











Spesifikasi Kebutuhan Untuk Admin
5Kode
Requirement
SKPL-01
Login Untuk Admin
SKPL-02
Melihat Laporan Pesanan
SKPL-03
Menambah, Mengubah Informasi Jadwal
SKPL-04
Mengubah Harga Sewa
SKPL-05
Mencetak Laporan Transaksi Bulanan
SKPL-06
Menyimpan Data Member

Spesifikasi Kebutuhan Untuk Pelanggan
Kode
Requirement
SKPL-07
Menampilkan Informasi Jadwal Lapangan
SKPL-08
Menampilkan Informasi Booking
SKPL-09
Bisa Melakukan Pemesanan
SKPL-10
Bisa Membuat Member








Kebutuhan Fungsional Sistem
ü  Sistem dapat melakukan penyewaan lapangan :
1.      User dapat mengetahui informasi tentang penyewaan lapangan
2.      User dapat memasukkan jadwal penyewaan lapangan berupa hari,bulan,tahun dan jam
3.      User dapat memasukkan jumlah DP yang dibayarkan
4.      User dapat memasukkan identitas diri sebagai bukti telah melakukan booking lapangan
5.      User dapat memasukkan identitas diri untuk menjadi anggota atau member  

ü  Sistem dapat menyimpan laporan penyewaan lapangan :
1.      User dapat menampilkan jadwal penyewaan lapangan
2.      User dapat menyimpan data penyewa
3.      User dapat menyimpan laporan keuangan yang masuk
Kebutuhan Non-Fungsional Sistem
ü  Operasional
1.      Digunakan pada system operasi Microsoft Windows 7®, Microsoft Windows® NT, Microsoft Windows®2000
2.      Pentium III-class or higher processor
3.      Printer untuk mencetak bukti penyewaan dan laporan keuangan maupun yang lain-lain
4.      WIFI sebagai koneksi internet
ü  Security
1.      Dilengkapi password untuk sistem aplikasinya maupun databasenya
ü  Informasi
1.      Digunakan untuk mengetahui jadwal penyewaan lapangan
2.      Digunakan untuk menginformasikan apabila password yang dimasukkan salah
ü  Performance
1.      Lapangan yang di sewa tidak dapat dibooking lagi oleh penyewa yang lain apabila jadwal dan harinya sama
2.      Waktu untuk pembayaran yang telah melakukan penyewaan lapangan tidak boleh melewati 2 jam setelah memasukkan data penyewaan


LAMPIRAN BIAYA DAN MANFAAT
A. BIAYA-BIAYA

A.  BIAYA PENGADAAN HARDWARE

Spesifikasi
Jumlah
Harga
Total
Komputer Intel G2030
- Motherboard Intel LGA 1155
- RAM DDR III 4 GB
- Harddisk 500 GB
- CD RW LG 24x
- VGA  NVidia PCI Exp GT 420 2 GB DDR3
- Keyboard + mouse optic
- Monitor LG 15.6 LED 16M35A/16M37A
- Casing MID Tower
- Printer Canon E400



763.000
373.000
592.000
158.000
797.000
153.000
820.000
299.000
710.000
Total Biaya Hardware
4.665.000

Sumber : www.rakitan.com


B.   BIAYA PERSIAPAN OPERASI (SOFTWARE)

No.
Perangkat Lunak Komputer
Harga
1.
Windows 7 Home Premium 64 Bit
1.360.000
2.
Microsoft SQL Server Developer
Edition 2014  
715.000
3.
Macromedia Dreamweaver 8
1.835.000
TOTAL
3.910.000
Sumber : www.amazon.com


C.   BIAYA PROYEK

1.  Tahap Analis
Biaya Analis (1 orang) :

·         Lama bekerja = 3 hari, 5 jam kerja/hari, Rp. 25000,- /jam
·         Maka gaji analis adalah Rp. 1.925.000,-

No.
Biaya Tahap Analis
Biaya
1.
Analis
Rp 1.925.000
2.
Dokumentasi(kertas, tipex,
pena, mistar)
Rp.    25.000
Total Biaya Tahap Analisis                              Rp.1.950.000



2.  Tahap Desain

Biaya Programmer :

·         Lama kerja = 21 hari, 2 jam kerja, Rp. 20.000,-/jam

·         Maka gaji programmer adalah Rp. 10.120.000,-


No.
Biaya Tahap Desain
Biaya
1.
Programmer
Rp.10.120.000
2.
Dokumentasi
Rp.       50.000
Total Biaya Tahap Desain                                                  Rp.10.170.000



3.  Tahap Penerapan

Biaya Pelatihan Personil

Lama pelatihan adalah 1 hari dengan karyawan yang dilatih 2 orang

Biaya konsumsi : Rp.60.000

Biaya  Konversi Data

Sistem Lama

- Kertas nota harga               2 pcs          @15.000,-           Rp  30.000,-

- Pena                                     1box          @20.000,-           Rp. 20.000,-

- Tipex                                    2 pcs          @10.000,-           Rp. 20.000,-

Total biaya konversi untuk sistem lama               Rp.70.000


Sistem Baru

- Tinta Printer    1 pcs          @30.000,-                            Rp. 30.000,-

-  Kertas             1 rim          @33.000,-                            Rp. 33.000,-

Total                                                                                        Rp. 63.000,-
                       
Jadi total biaya konversi dari system lama ke system baru adalah
=  70.000,-   +  63.000,-
=  133.000,-

4   Biaya Operasional dan Perawatan

Biaya operasi adalah biaya-biaya yang dikeluarkan untuk mengoperasikan sistem  supaya  dapat  beroperasi.  Sedang  biaya  perawatan  adalah  biaya  yang dikeluarkan untuk merawat sistem dalam masa operasinya. Yang termasuk biaya operasi dan perawatan adalah : biaya overhead ( telepon, listrik, keamanan ), biaya perawatan hardware ( reparasi, service), biaya perawatan software ( modifikasi program, penambahan modul program), biaya perawatan peralatan   dan   fasilitas,   biaya   manajerial   dalam   operasional   sistem,   biaya depresiasi.
Biaya operasional dan perawatan biasanya terjadi secara rutin selama usia operasional sistem.
a.   Perawatan Hardware

Biaya-biaya perawatan hardware diluar garansi :

- Printer (service)      200.000

- Monitor                    300.000

- Service lain-lain      100.000

Setiap tahun diperkirakan biaya untuk perawatan hardware mengalami kenaikan 10 %
b. Perawatan Software
c. Biaya Listrik








1  unit CPU                            350 watt


1 unit monitor

200 watt

1 unit printer


50 watt

Total


0,6 kVA

Biaya listrik per kVA

=

783

Sistem akan dipakai dari jam 07.00 WIB sampai 23.00 WIB sehingga dalam satu hari

pakai selama 16 jam dan dalam satu minggu kantor dibuka selama 7 hari.

Besar pemakaian kWh perhari
16  x  0,6
= 9,6 kWh

Besar pemakaian kWh perbulan

26 x 9,6

= 249,6 kWh



Biaya pemakaian perbulan                                  = 249,6   x  783

=  195.437


Biaya listrik perbulan                                          = 195.437,- + 66000,-

=   261.437.,-


Biaya listrik 1  tahun                                            = 261.437.,- x  12

=   3.137.244
Overload tahun ke 2 (naik 10%) dari  Rp. 3.137.244 * 10% =Rp. 313.724
= 3.137.244 + 313.724 = Rp. 3.450.968

d. Biaya lain-lain
Tinta Printer           2btl   x  30000                        =  60000

Kertas                   2pak   x  38000                      =   7600
Total                                                                     =  67.600

B.  MANFAAT-MANFAAT

1  Keuntungan Berwujud
1.1  Pengurangan Biaya Operasional

Biaya operasional untuk sistem lama adalah :

1.   Alat-alat tulis         1 ktk              20000,-                20.000,-

2.   Tip ex                   10 bh          @5000,-                  50000,-

3.   Karyawan              2 org          @500.000,-            1.000.000,-                                                             Total Per bulan                                                   Rp.1.070.000,-


Total 1 tahun (12  x  1.070.000)                                  Rp.   13.080.000,-


Biaya operasional untuk sistem baru :

1.   Tinta                     1 pcs          @30.000,-                30.000,-

2.   Kertas                  1 rim          @38.000,-                38.000,-

3.   Pena                      6 btg          @12.000,-                12.000,-

4.   Karyawan            2 org          @500.000,-            1.000.000,- Total biaya operasional sistem baru perbulan                   1.080.000,-
Biaya operasional sistem baru pertahun     (12 x 1.080.000,-)  = 12.960.000

Selisih biaya operasional sistem lama dan sistem baru adalah        =

=        13.080.000-    -    12.960.000,-                                             =  120.000,- Jadi jika kita menerapkan sistem baru maka akan pengurangan biaya operasional sebesar  Rp 120.000,- / tahun.




Tabel Biaya dan Manfaat

KETERANGAN
Th.0
Th.1
Th.2
I. BIAYA BIAYA



1. Biaya Pengadaan



a. Biaya Pembelian Hardware
Rp       4.665.000


Total Biaya Pengadaan
Rp       4.665.000


2. Biaya Persiapan Operasi



a. Biaya Pembelian Software
Rp       3.910.000


Total Biaya Persiapan Operasi
Rp       3.910.000


3. Biaya Proyek



a. Tahap Analisis Sistem



1.Biaya Analis
Rp        1.925.000


2.Biaya Dokumentasi
Rp             25.000


b. Tahap Desain Sistem



1.Biaya Programmer
Rp       10.120.000


2.Biaya Dokumentasi
Rp              50.000


Total Biaya Proyek
Rp       12.120.000


4. Biaya Operasi dan Perawatan



a. Biaya Perawatan Hardware
Rp              600.000


b. Biaya Perawatan Software
Rp                     -


c. Biaya Overhead (Listrik)
Rp           3.450.968


d. Biaya lain-lain
Rp                67.600
Rp           67.600
Rp           67.000
Total biaya operasi & perawatan
  Rp       4.118.568
Rp          660.000
Rp         720.000
TOTAL BIAYA BIAYA
Rp        16.238.568
Rp         727.600
Rp         800.360
II. MANFAAT MANFAAT

         

1. Manfaat Berwujud

Rp    13.080.000
Rp      3.241.700
a. Pengurangan biaya operasional

Rp         120.000
Rp         132.000
Total manfaat berwujud

  Rp.   13.200.000
Rp   14.520.000
TOTAL MANFAAT

Rp    13.200.000
Rp     14.520.000
Total Selisih Biaya dan Manfaat
Rp.   (16.238.568)
Rp. (15.510.968)
Rp.   (17.062.065)


Metode Analisis Biaya dan Manfaat
1.      Payback Period
Total biaya tahun ke 0 = Rp. 16.238.568
Biaya proses pada tahun ke 1 = Rp. 15.510.968
Sisa biaya pada tahun ke 1 = Rp. 727600
Jadi MPP = 0,538 x 30
Dengan asumsi 1 bulan maka = 16,14
Dibulatkan menjadi 16 hari
Sehingga MPP adalah 1 tahun, 16 hari
2.      Return Of Investment (ROI)
Manfaat tahun ke 1     = Rp. 13.200.000
Manfaat tahun ke 2     = Rp. 14.520.000
Total manfaat              = Rp. 27.720.000
Biaya tahun ke 0         = Rp. 1.238.568
Biaya tahun ke 1         = Rp. 727.600
Biaya tahun ke 2         = Rp. 800.360
Total                            = Rp. 17.766.528
Jadi ROI        = (Rp. 27.720.000 - Rp. 17.766.528 x 100%) / Rp. 17.766.528
                        = 56,023731 % (56,02 %)
3.      Net Present Value (NPV)
Biaya proses tahun ke 1          = Rp. 15.510.968
Biaya proses tahun ke 2          = Rp. 17.062.065
Nilai proyek                            = Rp. 16.238.568
Suku bunga saat ini                 = 7,500 %
Sehingga NPV            = -16.238.568 + (15.510.968 / 1+ 0,075)1 + (17.062.065 / 1+ 0,075)2
                                    = -16.238.568 + 14.428.807 + 14.764.680,69
                        NPV    =  Rp. 12.954.919
                                    =  Rp. 13.926.537 dipengaruhi suku bunga


Informasi Pendukung






No comments:

Post a Comment